13 Fakta Penting Tentang Pijat


Siapa sih yang tidak senang dipijat ? tak hanya merasa nikmat, pijatan juga dapat mengusir stress serta bikin
pikiran lebih rileks. tetapi adakah faedahnya untuk kesehatan ?

Dokter hawin nurdiana, m. kes. memaparkan, tujuan pijat yaitu memperlancar peredarah darah. darah bertugas membawa zat-zat, diantaranya oksigen, ke seluruh tubuh. lancarnya peredaran darah dapat mengaktifkan kerja organ-organ tubuh, tuturnya.

Lantas bagaimana dengan pemahaman masyarakat bahwa pijat bisa mengobati masuk angin ?

Menurut dr. hawin, masuk angin umumnya berlangsung pada orang yang terlampau letih atau stres. mengakibatkan timbul rasa nyeri di otot. pijat inilah yang dapat merelaksasikan otot-otot yang tegang ( alami kontraksi ) tersebut.

Diwawancara dengan terpisah, founder & owner fitto reflexology, o. a. yuwono menuturkan bahwa pijatan juga bisa kurangi ketegangan pada otot akibat kegiatan sehari-hari. pijat juga bisa melakukan perbaikan sirkulasi darah, dikarenakan waktu pemijatan, ada titik-titik spesifik yang ditekan hingga tempat yang darahnya terhalang dapat lancar kembali.

pijat juga bisa kurangi ketegangan pada otot akibat kegiatan sehar-hari. “dengan pijatan, tekanan pada otot dapat menyusut, ” tuturnya. disamping itu, pemijatan membuahkan hormon endorfin yang bikin kita jadi nyaman serta enak, ” jelasnya.

dokter hawin setuju, dari segi kesehatan, pijat memanglah banyak faedah baik dengan fisik ataupun psikis, apalagi menolong pengobatan beragam penyakit fisik.

berikut faedah pijat dengan luas layaknya diungkapkan dr. hawin nurdiana, m. kes :

. pijat bisa menambah sirkulasi darah, hingga organ-organ vital serta jaringan lain didalam tubuh dapat beroleh semakin banyak oksigen serta nutrisi penting.

2. pijat bisa mengatur tekanan darah, kurangi hipertensi. saat dipijat, tubuh dapat dirangsang supaya merubah reseptor tekanan dibagian otak yang mengatur tekanan darah.

3. pemijatan pada tempat dada, leher, serta punggung dapat turunkan denyut jantung sampai 10 denyut setiap menitnya. alhasil, tekanan darah alami penurunan sejumlah delapan %.

4. pijat menyehatkan paru-paru serta perut. saat dipijat, saraf vagus yang turut mengatur sistem pencernaan serta pernapasan dapat mengatur paru-paru bernapas lebih lambat serta didalam hingga bisa memaksimalkan sistem pencernaan.

5. menambah kekuatan otak. gelombang otak mempunyai kekuatan untuk berubah-ubah sesuai situasi tubuh seseorang. pemijatan saat pagi hari bisa bikin tubuh merasa lebih fresh serta waspada. sesaat apabila pemijatan dikerjakan sebelum saat tidur malam, dapat mengakibatkan tidur lebih nyenyak.

6. menambah manfaat kulit serta peredaran darah. bisa juga menolong sistem produksi kelenjar keringat saat menghasilkan keringat, hingga zat tidak bermanfaat didalam tubuh bisa dibuang berbarengan keringat.

7. gerakan pijat yang dikerjakan dengan langkah menghimpit serta menghentak layaknya meremas, memukul, serta menepuk bisa menolong melarutkan lemak.

8. kurangi stres. waktu dipijat, saraf vagus dapat mengirim tanda ke kelenjar adrenal untuk menghimpit produksi hormon stres layaknya kortisol.

9. pijat juga dapat kurangi rasa sakit dikarenakan beberapa sel saraf kulit yang ditekan mengirim tanda melewati di antara pusat nyeri, yaitu sumsum tulang belakang. didalam perjalanannya, tanda tekanan lebih cepat daripada rasa sakit hingga bisa kurangi nyeri.

10. menambah daya tahan tubuh. hormon kortisol yang alami penurunan waktu dipijat bisa kurangi stres serta menambah sel darah putih yang bertindak didalam sistem kekebalan tubuh kita.


tetapi demikianlah, lanjut dr. hawin, ada juga dampak jelek jika kerap dipijat :

- alami alergi
minyak pijat, lotion atau minyak aromaterapi yang kerap digunakan waktu pijat dapat menyebabkan reaksi alergi pada sebagian orang.

- gula darah rendah
umumnya gula darah turun sesudah dipijat. the university of maryland medical center ( ummc ) merekomendasikan supaya pasien diabetes memeriksa gula darah setelah pijat. ummc juga merekomendasikan, pasien diabetes yang senang pijat dengan teratur, mesti bikin grafik untuk lihat pola gula darah serta memonitor kandungan gula darah.

- gumpalan darah
terapi pijat dapat beresiko untuk mereka yang mempunyai gumpalan darah didalam tubuh. dengan pijat, gumpalan darah tersebut dapat beralih area ke jantung atau otak yang mengakibatkan sumbatan hingga dapat berlangsung serangan jantung serta stroke.

yuwono memberikan, idealnya pijat dikerjakan 1 minggu sekali. “kalau tiap-tiap hari saya kira tak perlu, dikarenakan faedahnya justru tidak bisa dirasakan. sangat cepat tiga hari sekali, ” jelasnya.